Htaccess Konfigurasi Tidak Jalan Di Nginx


Htaccess Konfigurasi Tidak Jalan Di Nginx

Apa Itu Nginx?

Nginx adalah server web yang terkenal karena kehandalannya. Ini diluncurkan pada tahun 2004 oleh Igor Sysoev dan sekarang dipelihara oleh Nginx, Inc. Nginx didukung oleh platform Linux, Windows, dan Mac OS. Sejak awal, Nginx menetapkan standar tinggi untuk menjaga server web dan memberikan layanan berkualitas tinggi. Sebagian besar teknisi server web menggunakan Nginx sebagai backbone aplikasi web.

Merancang dan mengelola situs web pada Nginx sangat mudah. Hal ini karena adanya peningkatan fungsi seperti reverse proxying, caching, load balancing, dan penarikan konten. Namun, banyak konfigurasi web umum yang dapat berfungsi pada web server lain tidak berfungsi dengan sempurna di Nginx.

Perbedaan Antara Htaccess dan Nginx

Htaccess adalah standar konfigurasi web yang digunakan oleh populer server web Apache. Fitur yang paling populer dari Htaccess adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsionalitas server dengan cara mengontrol akses ke file, direktori, dan script. Nginx memiliki komponennya sendiri yang berbeda untuk menangani hal yang sama.

Nginx juga memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan beban, melakukan caching, output filtering, dan banyak lagi. Tidak seperti Htaccess, templat konfigurasi yang disediakan oleh Nginx berfungsi dengan baik. Anda mungkin perlu mengkonfigurasi beberapa komponen lainnya seperti modul tambahan atau penyesuaian konfigurasi.

Mengapa Htaccess Konfigurasi Tidak Berfungsi di Nginx?

Meskipun beberapa konfigurasi terbaik anggota kelompok Apache berlaku untuk Nginx, ternyata yang dikenal sebagai konfigurasi paling populer dalam komunitas Apache yang disebut “Htaccess” tidak dapat berlaku untuk Nginx. Htaccess berfungsi untuk mengontrol akses ke file, direktori, dan script, tetapi Nginx tidak dapat mengamankan file dan direktori dengan cara yang sama seperti pada Apache.

Karena Nginx memiliki sistem konfigurasi yang berbeda, ia hanya akan memproses file .htaccess jika dikompilasikan sebagai bagian dari file konfigurasi Nginx. Jika Anda mencoba menggunakan file .htaccess di Nginx, maka ia akan secara otomatis mengabaikannya. Hal ini karena ia tidak mengenali format file .htaccess.

Penggunaan Alternatif Nginx untuk Mengendalikan Akses

Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus menanggalkan semua inisiatif keamanan dan penyaringan. Untuk menerapkan konfigurasi yang sama, Nginx telah menyediakan sistem konfigurasi yang berbeda untuk penyesuaian konfigurasi server. Dengan sistem ini, Anda dapat mengurangi beban yang diberikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *